Selasa, 01 Januari 2008

Waktu Kita

Waktu Kita
Oleh Zen Luqmani

"Tahukah Anda, Apa sebenarnya yang sangat berharga di dunia ini?....
Detik yang baru saja berlalu ”

Saya yakin kita, saya dan Anda semua sadar akan betapa berharganya sebuah waktu walau hanya sedetik. Kita semua sadar kalau dalam sedetik bisa terjadi sebuah perubahan, seperti halnya kita sadar akan adanya tahun, bulan, minggu, hari, jam dan menit, bermula dari adanya sebuah detik. Tapi apakah kita sadar berapa banyak detik yang kita sia-siakan ?

Ada sebuah permainan yang berhasil membuat saya sadar akan betapa berharganya waktu buat kita, mudah-mudahan dapat diambil manfaatnya;

Sekarang Anda Siapkan secarik kertas dan sebuah pena atau alat tulis yang lain.
Kalau sudah, sekarang coba Anda tuliskan 5 nama orang-orang yang betul-betul Anda cintai, dan kelima orang itu sekarang masih ada dikehidupan anda.

Sudah ?

Kita tahu dalam kehidupan tidak semua yang kita inginkan akan bisa terwujud
Kadang apa yang kita anggap yang terbaik bagi kita belum tentu yang terbaik bagi-Nya
Tapi percayalah, apa yang Tuhan putuskan buat kita adalah yang terbaik bagi kita
Sekarang, Tuhan dengan kuasanya ingin mengambil salah satu dari nama yang anda tulis tadi. Dan disini Tuhan masih memberi kompromi kepada Anda untuk memilih siapa kiranya diantara kelima nama tadi yang anda relakan untuk dipanggil Tuhan terlebih dahulu. Anda sudah memilih ? Sekarang anda harus coret nama tadi dari daftar kelima nama orang-orang yang betul-betul anda cintai. Silahkan !

Saya tahu bahwa kelima nama tadi memang betul-betul berharga bagi Anda.
Saya tahu, terkadang berat sekali kalau kita berfikir kalau mereka ini harus meninggal mendahului kita, tapi kita masih bisa memilih dari daftar nama tadi. Kita sebenarnya tidak ingin kalau Tuhan memanggil dengan tiba-tiba, tanpa rencana, memanggil orang-orang yang Anda cintai tadi.
Saya tahu berat sekali, tapi daripada tiba-tiba, Tuhan masih memberi kesempatan buat kita untuk memilih dan anda harus coret nama tadi dari daftar anda

Sekarang Anda tinggal mempunyai 4 nama,
Saya yakin 4 nama ini adalah orang-orang yang memang betul-betul Anda cintai dan Anda sayangi saat ini. Dan saya yakin 4 nama ini juga betul-betul sangat mencintai dan menyayangi Anda saat ini.
Dan sekali lagi, Tuhan mempunyai kehendak lain, dan jika Tuhan sudah mempunyai kendak, kita tidak bisa melakukan apa pun.
Tuhan menginginkan satu nama lagi dari keempat nama orang-orang yang betul-betul Anda cintai tadi. Dan sekali lagi Anda bisa memilih, siapa kiranya yang Anda relakan untuk lebih dulu meninggalkan Anda ? dan Anda harus coret salah satu dari kempat nama tadi.

Sudah ?

Sekarang Anda tinggal mempunyai 3 nama,
Saya yakin 3 nama ini adalah orang-orang yang betul-betul hadir dalam setiap kehidupan Anda saat ini. Saya yakin 3 nama ini adalah orang-orang yang betul-betul Anda sayangi saat ini. Dan saya yakin 3 nama ini adalah orang-orang yang betul-betul menggantungkan hidupnya kepada Anda, mereka membutuhkan kasih sayang Anda, mereka hidup bersama-sama Anda. Dan sekali lagi, Tuhan berkehendak lain, Tuhan menginginkan untuk memanggil satu nama lagi dari 3 nama orang-orang yang Anda cintai tadi, sekali lagi Anda bisa memilih siapa diantara 3 nama tadi yang Anda harus relakan untuk dipanggil oleh-Nya dan anda bisa coret nama yang anda pilih.

Saya tahu berat sekali, sangat berat ! kalau kita harus merelakan mereka mendahului kita.
Dan terutama hidup kita untuk mereka, untuk 3 nama ini. Seakan-akan kalau 3 nama ini tidak hadir dalam kehidupan kita ya mendingan kita tidak hidup saja. Tetapi sekali lagi anda harus coret salah satu dari 3 nama tadi, dari pada dengan tiba-tiba Tuhan berkehendak lain.

Sekarang tinggal tersisa 2 nama lagi,
Saya ingin bertanya pada Anda, Apakah kira-kira hidup Anda saat ini untuk mereka berdua?
Sekali lagi saya yakin hidup mereka sangat bergantung pada Anda. Dan sekali lagi Tuhan berkehendak lain, Anda diberikan untuk kompromi, Anda harus memilih satu nama lagi yang harus Anda coret, dan beliau ini harus meninggal mendahului Anda, Anda harus memilih diantara dua nama tadi.

Saya yakin Anda merasa berat, saya yakin Anda akan mengatakan “ Saya tidak sanggup kalau hidup tanpa mereka” saya yakin akan hal itu. Dan kita tidak pernah tahu rencana Tuhan itu seperti apa?, Tuhan berkehendak lain dan Tuhan selalu menginginkan yang terbaik dari diri kita.

Sekarang tinggal tersisa satu nama lagi,
Saya yakin Anda berfikiran bahwa satu nama ini adalah orang yang betul-betul hadir dalam setiap kehidupan anda.
Saya yakin mungkin Anda ingin mengatakan “Sudah jangan kau panggil lagi !” tapi apala daya kita sebagai manusia untuk melarang Tuhan.
Saya yakin, bahwa satu nama ini adalah orang yang betul-betul Anda inginkan untuk mengisi kehidupan Anda sampai akhir hayat Anda. Akan mendampingi Anda nanti sampai tua. Saya tidak tahu itu siapa.
Dan sekali lagi, tuhan berkehendak lain. Saya yakin, sebenarnya kalau Anda bisa memilih, Anda ingin dipanggil duluan daripada satu nama ini, saya yakin itu. Tapi sekali lagi Tuhan berkehendak lain, dan Tuhan menginginkan untuk memanggil satu nama tadi dan Anda harus coret nama itu.

Ok, semua orang yang Anda cintai, semua orang yang Anda sayangi, semua orang yang anda kasihi telah Anda coret dan mereka telah meninggal mendului Anda. Sekarang bagaimana dengan Anda ?, pilihannya adalah Anda harus meneruskan kehidupan Anda ataukah Anda mengakhiri kehidupan Anda saat itu juga ?.
Dan sekali lagi Tuhan mengiginkan yang terbaik buat diri Anda. Kita semua ini milik Tuhan, mereka orang-orang yang disayangi-Nya akan di tempatkan di tempat yang paling layak bagi-Nya, saya yakin itu.

Dan Anda tidak perlu sedih, Kenapa ?
Karena kenyataannya 5 orang itu masih ada saat ini.
Kenyataannya 5 orang itu masih menemani kehidupan anda saat ini.

Kita harus betul-betul meluangkan waktu untuk mereka saat ini, kenapa ?
Karena kehidupan ini sulit di tebak, dan kehilangan akan terasa sangat nenyakitkan apabila yang hilang adalah sesuatu atau orang-orang yang sangat kita cintai.

Selamat Tahun Baru 2008
Semoga kita lebih bisa menghargai waktu dan lebih bijaksana dalam memanfaatkannya, sehingga kesuksesan akan serta-merta menghampiri kita. Amin !

Sumber http://wonk-ndeso.blogspot.com/2007/12/waktu-kita.html

Tidak ada komentar: