Jumat, 28 Desember 2007

Apa Yang Dunia Ide Cari!!!!


Apa Yang Dunia Ide Cari!!!!
Oleh Rienje Zumaroh

Saya sering sekali menyaksikan orang-orang yang idealis hidupnya habis untuk menyalahkan kenyataan, kenyataan yang seringkali menghampiri hidup, seringkali terjadi di luar rencana dan dugaan, jauh sekali dari nilai-nilai idealitas yang mereka impikan.

Siapa mereka???……anehnya mereka adalah praktisi pendidikan, orang-orang yang hidupnya di dedikasikan penuh di dunia akademik, untuk mendidik generasi bangsa. Benarkah?????/bahwa pendidikan formal hanya mengajari ide-ide yang seringkali mereka ucapkan tanpa tahu apa yang mereka omongkan. Ide-ide yang menjajah hidup kita dan terbiasa menyalahkan kenyataan yang terjadi. Dan mereka menyusun berbagai teori untuk semakin mengukuhkan bahwa kenyataan benar-benar salah.

‘BAHWA HIDUP INI BUKAN IMPIAN BELAKA, DAN JUGA BUKAN KHAYALAN YANG SEKEJAP SEMUANYA DAPAT TERWUJUD SESUAI DENGAN KEINGINAN, BAHWA HIDUP ADALAH KENYATAAN ITU SENDIRI”

iya!!!!!hari ini sebelum saya mempresentasikan makalah saya, sayapun harus sibuk mengumpulkan ide-ide terbaik, seperti harapan dosen dan sahabat2 yang akan mengomentari, mempertanyakan, mengkritik,,,,,,,,,,,dan sayapun harus seperti?????

Saya capek, saya lelah, jenuh sekali dengan segudang teori yang semakin membuat pencarian hidup semakin kehilangan muaranya. Berhadapan dengan mereka tiada hari tanpa menyalahkan.

Memang lebih baik saya diam???????/

Anehnya apakah mereka benar-benar tahu, solusi yang terbaik setelah mereka menyalahkan???menyalahkan DIKNAS, menyalahkan DEPAG yang terkenal dengan sarangnya koruptor, yang membuat pendidikan Islam (madrasah) terhambat perkembangannya?????

Tatkala saya terdaftar jadi mahasiswa dengan segala peraturan dan masalah birokrasi yang ribet. Iya!!!!saya juga harus ikut mereka.

Tatkala saya tidak mengiyakan, hasilnya segudang prestasi akademik tidak lagi bersanding dengan diri saya. Dan diam bagi saya adalah penghianatan bagi mereka..

Iya!!!!

Cara pandang saya telah bergeser

Nth kemana??/kearah tidak menentu. Kuliah malas, tidak ada jawaban pasti

Setiap hari diskusi

Membicarakan kehidupan kesana-kemari

Setiap hari ceramah…

Mencari siapa lagi yang harus di salahkan???/

Saya capek?????——____

Pikiran saya jenuh, mandeg

Seakan-akan berbagai teori yang dijejalkan oleh para dosen, seolah berontak dan mempertanggungjawabkan, mana kenyatannya????

Saya sudah capek hidup di dunia ide, mimpi, serta harapan palsu.

Saya lelah______tak tahu arah

Saya ingin hidup yang lebih nyata, karena hidup adalah rangkaian kenyataan yang perlu disikapi dan kita bertindak.

Iya!!!!!

“MESKI PADA HAKEKATNYA JALAN KEHIDUPAN BERAWAL DARI MIMPI , SERTA IDE TAPI HENDAKNYA TETAP BERMURAH HATILAH TERHADAP KENYATAAN”

saya tidak menganggap bahwa dunia ide itu tidak penting, tapi bagaimana kita mendekatkan teori tersebut dengan kenyataan, tidak memaksa kenyataan harus seperti yang diimpikan,,,,,,,,,,,,,,,,,,karena sampai kapanpun rasa syukur itu takkan pernah terucap jika kita tidak menerima kenyataan sebagai anugerah_Nya

_______tulisan ini, saya tulis pada waktu saya semester enam. Nth kenapa kalimat demi kalimat keluar apa adanya. Sebagai komunitas akademik kenapa saya berontak dengan dunia saya. Apakah benar seperti yang katakan ibu saya, bahwa saya telah menemukan dunia lain yang sejujurnya itu dunia saya sesungguhnya???????

“iya!!!!tanpa saya ingkari kenyataannya, saya jauh lebih nikmat merasakan kehidupan nyata dan masyarakat sesungguhnya…….

Saya merasakan nikmatnya nonton televisi bareng keluarga setelah kian lama saya tidak mengerti dunia keterikatan emosional itu; saya menikmati indahnya berbaur dengan keluarga besar saya. Ini adalah sebagai akibat dari seringnya saya menikmati liburan semester di rumah, di sana saya terdidik di kehidupan yang sangat nyata_____

KompLek Dosen UIN, Mei’07

Sumber : http://akurienzoom.blogspot.com/2007/09/apa-yang-dunia-ide-cari.html

Tidak ada komentar: