Kamis, 27 Desember 2007

Kenapa Fismaba Plus 2004

Kenapa Fismaba Plus 2004

Oleh : Mochammad Moealliem


Pertanyaan semacam ini sering terarah pada penulis yang kebetulan selama ini kerjaan penulis adalah mengelola milis fismaba2004, lalu kemudian diakhir tahun 2007, milis serasa sepi dan seolah-olah hanya orang-orang tertentu yang peduli untuk mengirim tulisannya, kalau yang peduli untuk membaca sih masih tetap banyak bahkan diluar pun orang suka nimbrung.

Kenapa sih pakai 2004? Penulis pun bingung juga, emang kenapa dengan angka 2004? Adakah 2004 itu sulit untuk diingat? Tapi baiklah penulis coba sampaikan sejarahnya.


Pada tahun 2004, atau fismaba periode 2003-2004 saat itu ketua fismaba adalah saudara Tamim Asyhar AM, (ops AM itu singkatan nama ayahnya, jangan disalah tafsiri menjadi lawan FM ya) nah karena pada pengurusan fismaba 2003-2004 yang memegang adalah angkatan 2002, maka tak heran jika penulis kebagian jadi sekretaris fismaba, bendaharanya saudara abul Abbas.


Mungkin kalau daam catur ster paling penting untuk menjaga raja, sepert itu mungkin tugas sekretaris apalagi organisasi baru tentu menjadi percobaan atas ide-ide keorganisasian, meskipun fismaba 2003-2004 sebenarnya sudah punya 4 departemen.


Pendidikan dibawah kendali Dzulfikar Radafi, Komunikasi dengan jubir Faruk Katiri, Olahraga di bawah kaki Asfandi, sementara Buletin Teras dipegang duet Heru dan Polan (nama ini nama tiban, nggak tahu asal-usulnya padahal nama aslinya Kholis Hamdani.


Sekretaris dalam job discribtion (kalau nggak faham, pembagian tugas) termasuk mengaktifkan milis, mungkin itu terkena imbas dari milis yang paling ramai yang saya ikuti waktu itu, maklum sebelum tahun 2004 belum banyak warnet di Mesir, bahkan yang punya warnet tahun-tahun segitu malah orang Indonesia, orang mesir baru akhir 2004 mulai menjamurkan warnet, kalau nggak percaya tanya aja Ketua fismaba, dulu kalau mau ke warnet harus melewati daerah yang jauh.


Maka dengan itu penulis buat email fismaba2004, lalu kemudian sekalan saya buat milis fismaba, dulu sebelumnya penulis membuat milist dzalluna, tapi khusus untuk angkatan 2002 alumni BU, hingga akhirnya suatu saat penulis salah nyetingnya, malah akhirnya milis itu terkunci dan nggak bias daftar selain melalui moderator, hal itu terjadi karena ada penyelusup yang merusak kode etik sopan santun, dengan muka merah padam penulis coba tanggulangi dengan merubah settingnya, namun karena tahun 2003 umur penulis baru satu tahun setengah di Mesir, dan kenal yang namanya milist baru setahun, sebenarnya penulis minta diajari oleh seorang kawan, tapi dia bilang "belajar aja sendiri".


Maka saya anggap milist dzalluna adalah pelajaran berharga, dan kini dzalluna udah saya tutup untuk siapapun, dan membernya sudah saya keluarin semua, sebagai upaya penyelamatan, namun mungkin sebagian data-data masih ada, tapi itu mungkin yang membuat penulis tersenyum membaca tulisan-tulisan diawal pubertas untuk menulis.


Fismaba2004, yach memang karena buatnya tahun 2004, kalau ada yang bilang karena penulis ngefans ama angkatan 2004, itu mudah sekali jawabannya, fismaba 2004 dibuat bulan juni, angkatan 2004 datangnya oktober, sudah jelas itu tidak tepat bukan.


Penulis tidak keberatan untuk diganti, kalau mau buat yang fismaba saja itu mudah, hanya saja nanti kalau ada email nyasar, misalnya dibelakang (@) ditulis yahoo,com padahal seharusnya yahoogroups.com, kalau nama milis dan email sama, maka jika nyasar nggak akan hilang, tapi kalau beda nanti nyasar ya hilang.


Kemudian pada periode 2004-2005 milist penulis serahkan pada pengurus, namun mungkin nggak ada yang telaten ngeramut, akhirnya saya ambil lagi, hingga kemudian milist menjadi independent, jadi tidak diurus sekretaris lagi, tahun 2006 penulis mengambil generasi moderator untuk meneruskan estafet jika penulis lulus tentu penulis tak banyak waktu untuk bermain internet, namun ternyata penulis harus mengulang tahun ini, dan penulis ingin hadiahkan design website fismaba dot tk, atas data-data yang ada mulai awal sampai 2008, kalaupun nanti jika penulis pulang, dan tidak ada yang bisa ngedit dan memperbarui maka website akan stagnan.


Memang penulis bisa membuat website bukan karena kursus, tapi karena belajar sendiri dengan otak-atik, tentunya kalau disuruh mengajarkan teori kurang bisa, jadi mungkin terserah padamu kawan-kawan, yang jelas penulis bukan pemilik fismaba.


Kalau soal fismaba2004 di blogspot, mungkin itu karena yang d fismaba saja udah didaftarin dulu, jadi nggak bisa, dari pada buat nama yang lain lagi, sekalan penulis samakan dengan milis, biar mudah diingat. Kalau ada yang mau buat fismaba2008, fismaba2007, fismaba2006, atau fismaba2005, itu bagiku adalah lebih berwarna, namun penulis mohon jangan minta penulis menjadi admin dari semua itu, alias jangan gantungkan semua itu pada sesorang yang tidak selamanya ada.


Itu saya kira, atas nama moderator fismaba, admin fismaba.tk, juga fismaba2004 blogspot, penulis mohon maaf kepada semua, jika sejak awal hingga nanti penulis serasa diktator dalam pengaturan dan mungkin subyektif, sebab penulis juga manusia biasa, dan kalau kawan-kawan ada yang siap menghandle itu semua silahkan hubungi saya, dan saya akan memberikan kunci-kuncinya.

Terima kasih

Tidak ada komentar: